Cara Membersihkan Android Smartphone Agar Lebih Rapi

Berbagai aplikasi, nomertelepon, file dan data lain mungkin ada di Android Anda. Maklum, karena Android memang begitu fleksibel dan banyak seklai aplikasi yang bisa disematkan di dalamnya. Hanya saja, terkadang banyak juga aplikasi-aplikasi atau bahkan nomer telepon yang double ada di Android Anda. Ini tentunya memakan memory juga terlihat tidak rapi. Anda bisa saja mereset Android Anda, namun ini akan menghilangkan keseluruhan data-data yang ada di Android. Tentunya kita tidak menginginkan itu karena kita harus mengisi ulang data-data tersebut ke Android kita.
Cara membersihkan Android dan merapikannya bisa secara manual dan menggunakan aplikasi bahkan juga bisa menggunakan keduanya. Hanya saja, dengan aplikasi terkadang akan memberikan kerusakan atau juga kesalahan yang menyebabkan kita harus bekerja dua kali dalam merapikan data-data yang ada di Android. Sayangnya untuk beberapa kasus kita memang lebih efesien menggunakan aplikasi karena kalau secara manual akan memakan waktu yang cukup lama. Cara membersihkan Android dengan teknik ini biasanya membutuhkan waktu satu jam saja untuk membersihkan dan merapikan data di SD card, foto, dan kontak Anda.

Apa-Apa Saja yang Ada di SD-Card
Data-data yang dianjurkan diletakkan di SD-Card seperti foto, atau data office (word, exel, pdf dll) namun tidak untuk aplikasi. Aplikasi membutuhkan akses yang cepat agar dapat jalan secara maksimal. Jadi lebih baik dia diletakkan dimemori handphone. Namun yang jadi masalah kita tidak tahu berapa besar aplikasi itu memakan space di SD-Card atau memori handphone setelah di instal. Untuk mengetahuinya kita dapat memanfaatkan aplikasi tambahan DiskUsage. klik di sini untuk mengunduhnya.
DiskUsage akan memberikan Anda informasi lengkap mengenai kondisi memori Anda. Mana aplikasi yang memakan banyak ruang dan mana yang tidak. DiskUsage juga menampilkannya dalam bentuk grafik yang mempermudah kita melihat kondisi memori kita.

Apa yang Bisa Kita Lakukan pada Bloatware?
Bloatware merupakan kelompok aplikasi yang bakal banyak memakan ruang dalam memori Anda karena aplikasi tipe ini akan terus mengupdate secara otomatis bisa dibilang pembengkakan ukuran file. Selain itu aplikasi tipe ini sulit untuk di unisntal karena selalu masih ada sisa file yang akan mengupdate terus menerus. Untuk menghapusnya secara total Anda harus me-root Android anda atau kalau itupun tidak bisa kita harus ke teknisi. Hal yang paling mudah dilakukan adalah, jangan pernah instal aplikasi seperti ini di Android Anda, karena akan menyusahkan saja. Downloadlah aplikasi Android dari sumber yang terpercaya.

Mengorganisir (Back Up) Foto
Cara membersihkan Android Pertama, seperti yang telah di sebutkan sebelunya, simpanlah foto-foto Anda di SD-Card agar memori handphone tidak terlalu termakan oleh foto. Salah satu akibat padatnya data di memori handphone akan membuat kinerja Android semakin lambat. Foto merupakan file yang paling cepat menumpuk di Android Anda karena kita memang suka foto-foto.
Kedua, jika Anda memiliki punya banyak waktu untuk memindahkan foto-foto dari SD-Card ke komputer ini akan sangat membantu. Atau malah lebih baik lagi Anda menyimpannya di cloud, akan lebih menghemat ruang di Android dan mudah mengaksesnya. Walau begitu kita tetap bisa menyimpan beberapa foto misalnya foto pacar, peliharaan, keluarga (namun bukan dalam jumlah yang besar) ada di Android kita.
Ketiga, sinkronisasikan foto-foto Anda dengan Google+ atau yang lain. Ini akan berguna untuk memberikan ruang pada memori Anda. Pada Google+ ada fitur Instant Upload yang secara langsung dapat mengupload foto-foto dari Android Anda ke akun Google+. Ketika Anda menghapus foto tersebut foto yang ada di Google+ juga akan terhapus. Ada juga fitur SugarSync yang fungsinya mirip dengan Instant Upload. Jadi pastikan dahulu Anda telah membackup foto-foto tersebut ke komputer sebelum menghapusnya dari handphone. Atau juga Anda bisa menggunakan Evernote untuk mengelola foto Anda. Banyak kelebihan-kelebihan evernote yang cukup menarik seperti memberi tag foto, nama, letak geografis foto dan- lain-lain.

Merge Kontak Anda
Terkadang kita mungkin menyimpan kontak seseorang secara double. Karena tidak aneh lagi saat ini satu orang memiliki banyak nomer, apalagi banyak handphoen yang memberikan layanan dual-SIM. Sepertinya ini agak menggangu apalagi kontak yang double cukup banyak, akan memakan memori juga. Untuk mengatasinya masuk ke akun Google Anda yang sudah terafiliasi ke Android kemudia klik www.google.com/contacts.
Disebelah kiri lihat pilih group contacts seperti My Contacts Most Contacted, another contact atau circle. Dibawah tombol more pilih Find and merege duplicate. Anda bisa mencari nama lain dengan mengulangi cara diatas. Bukan hanya nomer telepon yang bisa dimerge dengan cara ini. kontak lain seperti dari Twitter atau Facebook juga bisa menggunakan cara ini. [RIC]

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak