Mencegah Akun FB Dihack Orang

Assalamu'alaikum

Selamat siang sobat...
Udah seminggu ya saya ngga posting.. hehehe. Maaf-maaf dari kemaren modemku ngga bisa masuk blogger sih...
Nah pembahasan hari ini Mengenai Pencegahan FB agar tidak terkena Hacking oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Mungkin diantara teman-teman semua banyak yang khawatir, takut fbnya kena hack lah. Sebenarnya mudah sih untuk mengamankan Akun Facebook kita.
Nah berikut tips-tipsnya, dibaca yang teliti ya kawan...

Hindari Penggunaan Email Gratisan
Mungkin banyak dari kalian yang menggunakan email gratisan. Ternyata provider email gratisan seperti Yahoo, Gmail, dkk cukup rentan untuk terkena Hack. Sebenarnya provider tersebut sudah memiliki system security yang cukup baik tapi  kadang si pemilik seringkali melakukan kecerobohan fatal seperti memberi security question atau pertanyaan keamanaan yang cenderung mudah dan diketahui banyak orang. Untuk menghindari hal seperti ini,  ada baiknya kita menggunakan email yang menggunakan domain dari hosting, seperti namaemail@domainkamu.com. Meski demikian tidak semua orang memiliki domain dan hosting sendiri sehingga pemakaian email dengan domain dari hosting ini masih sangat jarang dipakai oleh masyarakat umum.

Menjaga Password se-Private Mungkin
Nah ini yang sering terjadi saat ini, biasanya password Facebook menggunakan kode-kode yang mudah ditebak oleh orang lain seperti tanggal lahir, nama pacar, no.hp atau lainnya yang berhubungan dengan data pribadi kita. Ada baiknya kita menggunakan Password dengan kombinasi Huruf, Angka, dan Symbol. Dengan menggunakan Password Seperti itu, akan lebih sulit untuk diketahui oleh orang lain.

 Jangan Remember Password di Web Browser
Cara ini pasti sering digunakan oleh orang yang pelupa. Hal ini sering dilakukan juga oleh orang yang sering-sering berganti password FB, sebetulnya boleh-boleh saja sih kalian berganti-ganti password, asalkan tidak disimpan ditempat yang orang lain akan tahu, misalnya kita menggunakan software khusus untuk menyimpan semua password kita. Jadinya kita tidak akan lupa dengan password kita tadi.


Tulis alamat URL di browser dengan benar
Kasus ini banyak terjadi jika kita termasuk orang yang ceroboh. Mungkin banyak sekali di jejaring sosial atau forum-forum online yang menyediakan link agar kita dapat login secara praktis, maksudnya anda tidak perlu menulis di Address Barnya. nah itu hal yang SALAH Besar. Bisa saja ternyata kita Login ditempat yang tidak seharusnya. Misal link yang kita akan tuju itu http://www.facebook.com tapi yang tertera pada address bar itu http://italiahack/p/facebook.com nah itu contoh link yang palsu, terdapat embel-embelnya.

Jangan Confirm Teman tak di Kenal
Kadang orang terobsesi dengan temannya karena teman temannya sampai ratusan bahkan ada yang lebih dari 5000. Sebetulnya teman yang banyak itulah yang akan mengancam Akun Facebook kita. Sering saya mendengar orang membuat Facebook hanya untuk keperluan usil saja, seperti menyamar ke lain jenis agar orang tertarik untuk meng-konfirm. Cara ini biasanya digunakan oleh para Black Hat (tindakan kejahatan didunia maya) dengan cara merentas keamanan privasi Facebook.


Semoga Artikel diatas dapat meng-inspirasi anda untuk lebih berhati-hati lagi dalam berselancar di dunia maya. Terimakasih 

2 Komentar

  1. Sekedar tambahan gan,,
    jangan tertarik pada aplikasi autolike dalam bentuk apapun, karena jika anda memberikan link token anda, maka mereka dengan mudah mengutak atik facebook anda, karena kejadian ini memungkinkan anda sebagai korban kejahatan, seperti postingan situs porno, pengambil alihan facebook dsb..
    jika ini terjadi segera blokir aplikasi tersebut di pengaturan privasi ..


    jangan lupa visit http://upil-gue.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. tambahan yang sangat membantu gan...
    Thanks udah ngasih pendapat.. :)

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak