Cara Meringankan load Blog

Assalamu'alaikum
Selamat sore sobat, sebelumnya saya minta maaf dari kemaren ga posting blog ini, soalnya ada acara penting keluarga.
Nah sore ini saya akan memposting "Cara membuat load blog menjadi ringan". Kalian yang mempunyai blog pastinya ingin pengunjungnya banyak kan? salah satu caranya untuk pengunjung merasa betah di blog kita yaitu dengan memperingan load blog kita. Coba saja kalo load blog kita lama, pastinya pengunjung akan merasa kurang nyaman berada di blog anda, dan ujung masalahnya blog kita akan menjadi sepi pengunjung. Ga mau kan? Nah berikut tips atau cara agar load blog kita menjadi lebih ringan

1. JavaScript
JavaScript memiliki waktu baca yang cenderung lebih lama, sehingga apabila diletakkan di atas, browser akan membaca lebih dahulu, sedangkan elemen yang lain akan menunggu hingga loading tersebut selesai. Akibatnya, elemen yang ingin segera dilihat menjadi terpengaruh, terutama bagian posting/artikel. Oleh karena itu, elemen-elemen yang mengandung javascript (terutama di bagian widget) sebaiknya diletakkan di bagian bawah.
Gunakan widget-widget keluaran Blogger dan Google karena javascript-nya dapat dimuat dengan cepat. Apabila terpaksa harus menggunakan javascript eksternal, upload dan hosting file js-nya hanya untuk penggunaan pribadi.

2. Postingan
usahakan jumlah postingan yang berada di beranda blog tidak terlalu banyak, sebab apabila terlalu banyak, waktu load akan semakin lama. Sebaiknya kita menyuguhkan postingan di beranda sewajarnya saja, misalnya 5 postingan yang berada di beranda juga sudah cukup. Untuk lebih mengoptimalkannya, potong sebagian isi posting/artikel pada halaman utama dengan menggunakan fitur Auto Readmore / Baca Selanjutnya

3. Widget / Gadget
Widget merupakan hal terpenting dalam blog, tetapi pasanglah widget yang ada manfaatnya saja buat pengunjung. Semakin banyak widget yang terpampang di blog, load blog akan menjadi lebih cepat. Gunakan widget-widget yang penting dan terutama menunjang navigasi. Hindari widget-widget yang tidak begitu penting dan bahkan tidak mendukung isi blog misalnya game, jam, kalender, flash, slide show dll, hal-hal tersebut dapat pula mempengaruhi load blog kita.

4. Pergunakan "Lazy Load Script" untuk blogspot
menanamkan kode lazy load script pada struktur templete blog, fungsinya adalah untuk meringankan beban server sehingga broswer tidak akan membaca gambar-gambar yang ada di dalam blog.
Nah, bagi yang ingin tau caranya, silahkan klik disini

5. Gunakan template SEO Friendly
template juga mempengaruhi kinerja suatu blog loh sobat, sebenernya sih ini trik untuk meningkatkan pengunjung, tapi ga ada masalahnya template ini digunakan, seperti blog ini telah menggunakan template SEO friendly.

NB: untuk download templatenya akan saya postingkan di postingan berikutnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak